Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

09.26


Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh! hi sahabat, kali ini saya akan kembali sharing mengenai Psikolgi Pendidikan.

Banyak mereka-mereka yang mempunyai kecacatan atau keterbatasan kemampuan terkadang mereasa minder akan diri mereka sendiri sehingga membuat mereka menutup diri dari lingkungan maupun dunia pendidikan. Mereka malu dengan keadaan mereka yang mungkin terjadi karena suatu hal atau memang terjadi secara alami. "Disability" yaitu keterbatasan  kemampuan personal yang membatasi pelaksaan fungsi seseorang dan "Handicap" ialah kondisi yang dinisbahkan pada orang yang menderita ketidakmampuan. Lebih mudahnya Disability itu ketidakmampuan dan Handicap itu cacat.

kelompok ketidakmampuan :
- gangguan organ indra (sensory)
- gangguan fisik
- retradasi mental
- gangguan bicara dan bahasa
- gangguan belajar (learning disorder)
- attention defict hyperactive disorder
- gangguan emosional dan perilaku


Gangguan-gangguan yang dialami para murid tentu saja membuat mereka sulit untuk belajar dan menerima pendidikan. Untuk itu dibutuhkan pelayanan yang khusus bagi mereka yang mengalaminya. Pada tahun 1990, Public Law 94-142 diganti menjadi Individu with Disabilities Education Act (IDEA) yang telah menetapkan mendat luasa untuk pelayanan bagi semua anak penderita ketidakmampuan. Mandat ini mencakup evaluasi dan deterinasi eligibilitas, pendidikan yang tepat dan rancangan pendidikan yang disesuaikan dengan setiap anak dalam lingkunga yang tidak terlampau ketat.

Mereka yang dianggap memiliki ketidakmampuan dievaluasi untuk menentukan eligibilitas mereka untuk memperoleh layanan sesuai ketentuan IDEA. Sekolah dilarang merancang program pendidikan khusus tanpa evaluasi terlebih dahulu dan dilarang menentukan penerimaan berdasarkan ketersediaan tempat. Anak-anak tersebut harus dievaluasi terlebih dahulu sebelum memasuki sekolah. Orang tua juga harus diundang untuk berpartisipasi dalam proses evaluasi tersebut. IDEA mensyaratkan agar murid yang menderita ketidakmampuan atau gangguan diberi rancangan pendidikan yang disesuaikan dengan diri si anak (individualized education plan atau IEP). Pernyataan tertulis yang menatakan sebuah program yang disusun untuk anak yang menderita ketidakmampuan. secara umum; 1. sesuai dengan kemampuan belajar si anak; 2. disusun khusus untuk memenuhi kebutuhan individual anak, tidak sekedar menyalin apa-apa yang sudah diberikan kepada anak lain; 3. didesain untuk memberikan manfaat pendidikan.

Inilah yang perlu di perhatikan untuk para orang tua, beberapa syarat yang di berikan oleh IDEA sebelum anak tersebut masuk sekolah dan pentingnya komunikasi antar pihak sekolah dengan orangtua agar dapat lebih bekerjasama dalam melihat proses kemajuan pada anak tersebut.

You Might Also Like

0 komentar