Psikologi Sekolah

19.40

Nah, melihat judul diatas, menurut kalian apasih itu Psikologi Sekolah? ....

yaps! Psikologi Sekolah ialah cambang ilmu dari Psikologi pendidikan dimana bidang ini mendiagnosa dan mengobati anak-anak juga remaja yang memiliki masalah dalam belajar juga perilaku. Psikologi sekolah berusaha memberi dukungan guna menciptakan suasana/situasi bagi anak didik untuk mengembangkan kemampuan akademik,sosialisasi dan emosional.

Lalu, apasih perbedaan Psikologi Pendidikan dan Psikologi sekolah?

Psikologi pendidikan : meneliti tentang dinamika kelas, gaya belajar dan belajar. Psikolog pendidikan tidak bisa disamakan dengan konselor sekolah. Umumnya psikolog pendidikan bekerja di sekolah, universitas, bisnis industri dan lain-lain. Lebih kepada mendiagnosa dan membantu mengobati atau berurusan dengan perilaku.

Psikologi sekolah : berujuan menerapkan prinsip-prinsip ilmiah belajar dan untuk memperbaiki sekolah terkait masalah serta memfasilitasi pembelajaran juga pengembangan anak-anak. Nah, untuk itulah psikolog sekolah akan memberikan jasa untuk anak-anak,guru,orang tua, masyarakt lembaga,dan sistem sekolah tersebut. Dan juga psikologi sekolah menciptakan suasana/situasi kepada anak-anak untuk mengembangkan kemampuan akademik,sosial dan emosional.

Peran dan Tugas Psikologi Pendidikan dan Psikolog Sekolah :

a. Psikologi Pendidikan

- penerapan prinsip-prinsip pelajaran didalam kelas.
- mengamati dan melihat pernasalahan- permasalahan yang didalam kelas
- mengembangkan dan mendukung program pengelolaan terapi perilaku
- merancang dan mengembangkan kursus untuk orang tua, guru dan lain-lain yang terlibat dalam pendidikan anak-anak maupun remaja pada topik seperti bullying.
- merancang dan mengembangkan proyek-proyek yang melibatkan anak-anak dan remaja.
- menulis laporan untuk memeberikan rekomendasi formal mengenai tindakan yang akan di ambil
- memberi nasihat,negosiasi,membujuk, dan mendukung guru serta orang tua juga profesi pendidikan lainnya.
- mengembangkan dan meninjau kebijakan-kebijakan.
- melakukan penelitian aktif
- mengembangkan tes pendidikan
- dan lain-lain

b. Psikologi Sekolah

- membuat forum antar guru dan orang tua untuk membicarakan tentang hasil evaluasi psikologis sehingga mereka dapat memahami kondisi kesulitan dan bagaiman untuk melayani kebutuhan siswa.
- intervrensi langsung dengan siswa dan keluarga melalui konseling individu, kelompok pendukung dan pelatihan keterampilan. terlibat dalam krisis dan layanan intervrensi.
- dapat melayani satu atau beberapa sekolah di daerah sekolah atau bekerja untuk sebuah pusat kesehatan mental masyarakat / lingkungan universitas.


Inilah beberapa peran, pengertian serta perbedaan antara psikologi sekolah dan psikologi pendidikan. Semoga Bermanfaat! :D


You Might Also Like

1 komentar